KALAM HIKMAH Jika anda imgin tahu kedudukan anda disisi Allah Maka lihatlah kedudukan Allah di hati anda

Selasa, 20 Mei 2014

Nilai Pendidikan Istighotsah

Nilai Pendidikan Istighotsah
Kata “istighotsah” berasal dari “al-ghouts” yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) "istaf’ala" atau "istif'al" menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan.[1]
Jadi istighotsah berarti "thalabul ghouts" atau meminta pertolongan. Para ulama membedakan antara istghotsah dengan "istianah" meskipun secara kebahasaan makna keduanya kurang lebih sama. Karena isti'anah juga pola istif'al dari kata "al-aun" yang berarti "thalabul aun" yang juga berarti meminta pertolongan.[2]
Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit. Sedangkan Isti'anah maknanya meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan umum. kata Istighotsah terdapat di dalam Al-Qur'an surat al-Anfal ayat 9:
øŒÎ) tbqèWÉótGó¡n@ öNä3­/u z>$yftFó$$sù öNà6s9 ÎoTr& Nä.ÏJãB 7#ø9r'Î/ z`ÏiB Ïps3Í´¯»n=yJø9$# šúüÏùÏŠóßD ÇÒÈ  
(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu Malaikat yang datang berturut-turut".
Dalam acara istighosah terdapat nilai pendidikan yang sesuai dengan nilai pendidikan Islam yaitu:
1.    Nilai pendidikan keimanan (aqidah), karena terdapat banyak bacaan dzikir sehingga mengajak para pembacanya untuk selalu mengingat Allah Swt dan juga berupa ungkapan rasa syukur dan sikap kepasrahan.
2.    Nilai pendidikan ibadah wujudnya adalah berupa pembacaan ayat-ayat Al Quran yang terdapat dalam bacaan tahlil yang bernilai ibadah; nilai ketuhanan yang berupa ungkapan rasa syukur dan sikap kepasrahan.
3.    Nilai pendidikan moral (akhlaq), wujudnya adalah budi pekerti yang berupa sikap balas budi, tolong menolong, kasih sayang, kesetiaan, kesetiakawanan, dan gotong royong kepada orang lain.
Dalam kegiatan istighotsah ini menambah keakraban dan persaudaraan antara warga karena seringnya bertemu dan berkumpul bersama dalam satu majlis, dan dengan adanya kegiatan tersebut hubungan tali silahturahmi antara wargapun bertambah erat dan semakin akrab.


[1]http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,16743-lang,id-c,ubudiyah-t,Makna +Istighotsah-.phpx. (April, 2014), 1.
[2] http://www.nu.or.id/. (April, 2014), 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung yang ke

PENGGEMAR FAVORIT

My Home

My Home

My Ma'had

My Ma'had