KALAM HIKMAH Jika anda imgin tahu kedudukan anda disisi Allah Maka lihatlah kedudukan Allah di hati anda

Selasa, 20 Mei 2014

Nilai Pendidikan Tahlilan dan Yasinan

Nilai Pendidikan Tahlilan dan Yasinan
Tahlil berasal dari kata (hallala yuhallilu tahlilan) yang artinya membaca kalimat la ilaha illallah : tiada Tuhan selain Allah. Jadi yang dimaksud dengan tahlil di sini adalah membaca serangkaian surat-surat Al-Qur’an, ayat-ayat pilihan, dan kalimat-kalimat zikir pilihan (termasuk di dalamnya membaca la ilaha illallah) dan ditutup dengan do’a.[1] Adapun yasin yang penulis maksud di sini adalah pembacaan surat yaasin.
Rangkaian bacaan dalam tahlilan (pembacaan tahlil dan Yaasin) mempunyai keutamaan masing-masing yang mengandung berbagai faedah dan hikmah, nilai pendidikan yang terdapat dalam tradisi tahlil adalah nilai pendidikan keimanan; nilai pendidikan ibadah; nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial.
Wujud nilai pendidikan keimanan yaitu dalam kegiatan yasin dan tahlil terdapat banyak bacaan dzikir sehingga mengajak para pembacanya untuk selalu mengingat Allah Swt dan juga berupa ungkapan rasa syukur dan sikap kepasrahan. Nilai pendidikan ibadah wujudnya adalah berupa pembacaan ayat-ayat Al Quran yang terdapat dalam bacaan tahlil yang bernilai ibadah; nilai ketuhanan yang berupa ungkapan rasa syukur dan sikap kepasrahan. Nilai pendidikan moral, wujudnya adalah budi pekerti yang berupa sikap balas budi; birr al-walidain kepada orang tua; kesetiaan dan sikap jujur. Nilai pendidikan sosial wujudnya adalah tolong menolong; kasih sayang; kesetiaan, kesetiakawanan, dan gotong royong kepada orang lain.
Dengan kegiatan yasin dan tahlil menambah keakraban dan persaudaraan antara warga karena seringnya bertemu dan berkumpul bersama dalam satu majlis, dan dengan adanya kegiatan tersebut hubungan tali silahturahmi antara wargapun bertambah erat dan semakin akrab.


[1] http://ass-yafiiah.blogspot.com/p/pengertian-tahlil.html, (April, 2014), 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung yang ke

PENGGEMAR FAVORIT

My Home

My Home

My Ma'had

My Ma'had